31 October 2013

Tahun 2014 Kemenkumham Siapkan 1 Triliun Untuk Benahi Lapas

Divisipassulteng, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk dan HAM) menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk pembenahan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) pada 2014. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan maupun perbaikan lapas yang menjadi prioritas.

"Pembangunan lapas dengan dana yang disiapkan untuk tahun 2014 yaitu Rp 1 triliun. Kita sudah petakan, mana prioritasnya, apa indikatornya," ujar Wamenhuk dan HAM, Denny Indrayana di kantornya, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Denny mengatakan, 75 persen lapas di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas. Ada 10 kriteria yang menjadi prioritas. Untuk itu rencananya akan ditambah pembangunan untuk lapas narkotika dan lapas anak. Selain itu, perbaikan untuk lapas yang terkena musibah seperti Lapas Tanjung Gusta dan Labuhan Ruku.

"Ada 10 kriteria yang kami susun berdasarkan pengkajian. Kita prioritaskan berdasarkan kebutuhan," katanya.

Kemenhuk dan HAM juga berencana meningkatkan fasilitas lapas seperti penambahan CCTV.

Seperti diketahui, permasalahan lapas pada pertengahan tahun ini seolah tak ada habisnya, antara lain rusuh di Lapas Tanjung Gusta, Medan dan Lapas Labuhan Ruku. Belakangan masalah lapas kembali mencuat dengan kasus terpidana narkoba Freddy Budiman.

sumber : nasional.kompas.com/read/2013/10/30/1814304/Benahi.Lapas.Kemenhuk.dan.HAM.Siapkan.Rp.1.Triliun

Silahkan anda mengisi komentar pada form yang disediakan. Komentar yang mengandung unsur Sara, Politik, Fitnah dan Pornografi akan kami hapus.
EmoticonEmoticon