27 April 2012

Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-48 Membangun Optimisme Pemasyarakatan Produktif

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Sudarto selaku Inspektur Upacara saat membacakan sambutan Menteri hukum dan HAM pada Upacara HUT Pemasyarakatan Ke-48, di Lapas Klas IIA Palu, Jum'at, 27 April 2012
Divpassulteng - Sekitar 320 Petugas pemasyarakatan, staf Kanwil Kemenkumham Sulteng, Petugas Imigrasi, dan 402 Warga Binaan Pemasyarakatan mengikuti upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-48 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Palu, Jum'at, 27 april 2012.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Sudarto selaku Inspektur Upacara menyatakan, petugas pemasyarakatan saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. menjalankan tugas dengan penuh komitmen, yakni bekerja lebih keras, cerdas dan ikhlas sehingga petugas pemasyarakatan bukan saja menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai rutinitas semata, akan tetapi diharapkan mampu membimbing warga binaan pemasyarakatan (warbinpas)untuk lebih kreatif, produktif dan mandiri sehingga pada gilirannya warbinpas mampu berintegrasi secara sehat dalam kehidupan di masyarakat setelah selesai menjalani masa pidananya.
Penyerahan Hadiah Lomba oleh Wakil Gubenur Sulteng kepada Warbinpas Lapas Klas IIA Palu, usai pelaksanaan Upacara HUT Pemasyarakatan ke-48
Sebagai contoh, kreatifitas dan produktifitas warbinpas telah ditunjukkan oleh warbinpas di Lapas Klas IIA Padang, mereka kini telah mampu memproduksi tiang listrik dan panel,baut berikut klemnya yang beromzet miliaran rupiah perbulannya. produksi warbinpas tersebut kini mampu mencukupi kebutuhan tiang listrik di wilayah Sumatera Barat. 

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulteng, Sudirman D Hury, SH, MM, M.Sc didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulteng, Sudarto, Bc.IP, Sh, MH menyerahkan hadiah Lomba kepada Warbinpas usai pelaksanaan upcara HUT Pemasyarakatan ke-48

Namun, selain kemajuan yang telah dicapai, menkumham juga tidak menampik, bahwa hingga saat ini di Jajaran Pemasyarakatan juga masih terdapat kelemahan dan kekurangan, selain masalah over kapasitas dan kurangnya jumlah petugas, peredaran gelap narkoba di Lapas dan Rutan juga menjadi masalah penting yang saat ini dihadapi. menkumham mengungkapkan bahwa di tahun 2011 lalu, tercatat 98 kasus penyalahgunaan narkoba yang berhasil dibongkar, sedang di tahun 2012 ini telah tercatat 12 kasus. data tersebut membuktikan adanya keseriusan jajaran pemasyarakatan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba di Lapas dan rutan.

Wakil Gubernur bersama Kakanwil kemenkumham Sulteng melakukan pemusnahan barang hasil penggeledahan di Lapas/Rutan usai pelaksanaan upacara HUT Pemasyarakatan

Menkumham juga menambahkan bahwa semua yang terlibat dalam kasus-kasus tersebut , baik warbinpas maupun petugas telah dijatuhi sanksi berupa sanksi ringan, sedang hingga sanksi berat berupa pemecatan.

usai pelaksanan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba  kepada warbinpas dan pemusnahan barang sitaan hasil penggeledahan di Lapas dan Rutan, sebanyak 57 Handphone dan barang berbahaya lainnya dimusnahkan pada kesempatan tersebut. rangkaian acara peringatan HUT Pemasyarakatan diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan secara langsung oleh Kakanwil, Sudirman D. Hury, SH, MM, M.Sc. (703)

Silahkan anda mengisi komentar pada form yang disediakan. Komentar yang mengandung unsur Sara, Politik, Fitnah dan Pornografi akan kami hapus.
EmoticonEmoticon