20 April 2015

Donor Darah Sambil Karaoke ! Asyik Banget

Proses pendaftaran Donor darah PNS Hukum dan HAMDivisipassulteng, Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-51 Tahun 2015 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Panitia peringatan mengadakan kegiatan sosial Donor Darah, yang dilaksanakan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Palu, Senin (20/04/2015). Kegiatan Sosial tersebut diikuti oleh Pegawai Kantor Wilayah, Pegawai UPT Pemasyarakatan, dan Pegawai Imigrasi se-kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Kegiatan Donor Darah rutin dilaksanakan di setiap tahunnya, baik dalam peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan, Hari Bakti Darma Karyadika, dan Juga Hari Bakti Imigrasi. Kegiatan Donor darah merupakan bentuk kepedulian kepada sesama, karena setiap tetes darah yang disumbangkan akan sangat berguna bagi kehidupan orang yang membutuhkan. Ada yang sedikit berbeda pada pelaksanaan donor darah kali ini, panitia dari Palang Merah Indoenesia (PMI) Cabang Kota Palu menyiapkan fasilitas karaoke di dalam mobil PMI yang difungsikan sebagai alat transportasi dan juga layanan gerak PMI, fasilitas tersebut dikhususkan bagi pendonor, agar pada saat proses pengambilan darah, para pendonor tidak tegang dan dapat merasa santai dan nyaman sambil mengisi waktu dengan berkaraoke selama proses pengambilan darah.

Kegiatan Donor DarahManfaat Donor Darah.
Tahukan anda, bahwa Donor darah selain memberikan manfaat kepada orang yang membutuhkan, ternyata juga mempunyai manfaat bagi tubuh sang pendonor, berikut beberapa manfaat kesehatan yang didaptkan oleh sang pendonor :
  1. Meningkatkan produksi Hemoglobin (Sel Darah merah). Sumsum tulang belakang akan memproduksi Sel Darah Merah lebih banyak, sebagai pengganti sel darah merah yang hilang usai melakukan donor, maka sang pendonor akan memperoleh pasokan darah baru, oleh karena itu kegiatan donor darah menjadi stimulan dalam proses terjadi pembuatan darah baru
  2. Menurunkan Berat Badan, bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih dan telah melakukan donor darah, maka bersyukurlah, karena proses pengambilan darah mampu mengurangi jumlah kalori dalam tubuh.  Jika anda menyumbahkan 450 ml darah, maka setidaknya 650 kalori telah hilang dan itu mampu membuat pinggang anda menjadi ramping.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung. mendonorkan darah secara rutin, dapat mengurangi jumlah zat besi yang berlebihan didalam darah. Tingginya zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.
  4. Mampu mendeteksi Penyakit. Bagi orang yang akan mendonorkan darahnya, wajib mengikuti prosedur standar pemeriksaan sebelum pengambilan darah, darah pendonor akan diperiksa terlebih dahulu ari berbagai penyakit seperti HIV, Hepatitis, malaria dan sifilis. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.
  5. Memperoleh Kesehatan Psikologis. Menyumbangkan darah merupakan tindakan terpuji dan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan, hal tersebut akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

Nah, jika anda sudah mengetahui manfaat dari Donor Darah, maka jangan pernah ragu melakukan donor darah, karena kegiatan tersebut mampu membuat diri anda sehat Jasmani dan juga Rohani. (703)

2 komentar

Silahkan anda mengisi komentar pada form yang disediakan. Komentar yang mengandung unsur Sara, Politik, Fitnah dan Pornografi akan kami hapus.
EmoticonEmoticon