27 June 2015

Lapas Maksimum Security Siap Dioperasikan

Divisipasulteng, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Makmun, menjelaskan pihaknya telah menyiapkan lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus narkotik untuk para bandar. Uji coba lapas telah dilaksanakan pekan lalu. 

"Hasilnya memungkinkan untuk dihuni. Untuk sarana, tidak diterangkan secara detail karena dirahasiakan. Pokoknya sudah siap," kata Makmun di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (25/6). 

Lapas yang dimaksud oleh Makmun adalah Lapas Gunung Sindur, di Bogor, Jawa Barat. Rencananya,  sebanyak 30 narapidana bakal mendekam di lapas tersebut. Pemindahannya, tidak dilakukan secara serentak. 

"Ini yang satu siap diresmikan. Biar jalan dulu, kemudian dievaluasi. Dua lagi menyusul," katanya. 

Lapas Gunung sindur
Menurut Makmun, Lapas khusus bandar narkotik dibuat karena maraknya pengungkapan kasus narkotik baik di dalam lapas maupun di luar. Makmun mengakui, jaringan peredaran narkotik juga telah merebak ke seluruh penduduk, termasuk petugas lapas.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Kemenkumham telah bekerjasama dengab BNN dan Bareskrim Polri membangun 3 (tiga) lapas kategori maksimum security, lapas - lapas tersebut nantinya bakal dihuni oleh para narapidana narkotika kategori bandar, untuk pengamanan lapas dilakukan oleh tiga lembaga, yaitu Kemenkumham, BNN dan Bareskrim. Petugasnyapun dipilih secara khusus untuk menghindari penyalanggunaan wewenang, dan sarana pengamanan lapas akan dilengkapi dengan sarana canggih serta didukung dengan anjing pelacak.

Merujuk catatan Ditjen Pemasyarakatan, Kemenkumham sejak januari hingga pertengahan Juni 2015 telah memecat 19 sipir yang kedapatan memakai dan menyalagunakan narkotika.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan lapas khusus ini juga bertujuan meminimalisir peredaran obat terlarang dari dalam penjara. Lapas dibangun atas kerja sama Kementerian dengan para pihak yakni Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bareskrim Polri. Penjagaan lapas tersebut juga akan diterapkan secara berlapis yang melibatkan dua lembaga ini.

"Kami sudah berencana untuk membuat tiga lapas yang sudah disepakati bersama dengan BNN dan Bareskrim," kata Menkumham di lapangan upacara Kemenkumham beberapa waktu lalu.

Disadur dari cnn indonesia

Silahkan anda mengisi komentar pada form yang disediakan. Komentar yang mengandung unsur Sara, Politik, Fitnah dan Pornografi akan kami hapus.
EmoticonEmoticon