04 November 2019

Kemenkumham Akan Bentuk Lapas Maximum Security Di Aceh

Divisi Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan membentuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan Keamanan Maksimal (Maximum Security) di wilayah Nanggroe Aceh Darusalam, hal tersebut disampaikan oleh kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Nanggroe Aceh Darusalam, Lilik Sujandi, Rabu (30/11/2019)

Lapas Maximum Security rencananya akan dibentuk pada awal tahun 2020 mendatang, Untuk tahap awal Lapas Lhoknga dipilih menjadi Lapas maximum security, karena dari sarana dan prasarana serta dukungan SDMnya dianggap sudah siap

Kemenkumham Akan Bentuk Lapas Maximum Security Di Aceh


Lapas tersebut nantinya akan dikhususkan bagi narapidana beresiko tinggi, yaitu narapidana yang mempunyai kecenderungan melarikan diri, melawan, melakukan provokasi atau bahkan mengedarkan narkoba, jadi para narapidana tersebut akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dari narapidana lainnya.

Kakanwil menambahkan, selain Lapas Lhoknga, pihaknya akan membentuk lapas lainnya sebagai Lapas maximum security, namun pembentukannya tergantung kesiapan sumber daya, baik peralatan maupun petugasnya.

"Akan ada penjara maksimum sekuriti selain Lapas Lhoknga, sehingga tidak hanya satu saja. Kami akan lihat potensi lapas lain yang memungkinkan dibentuk menjadi lapas maksimum sekuriti," kata mantan Kepala Lapas Tanjung Gusta, Medan tersebut.

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah melalui Kemenkumham terus melakukan pembenahan hampir diseluruh unit pelaksana teknis di jajaran pemasyaraktan, khususnya penanganan masalah over kapasitas dan juga pembinaan terhadap narapidana.

Disadur dari tempo.co, detik.com

Silahkan anda mengisi komentar pada form yang disediakan. Komentar yang mengandung unsur Sara, Politik, Fitnah dan Pornografi akan kami hapus.
EmoticonEmoticon